loading...

BIOGRAFI AHMAD NASERY BASRAL

ahmad nasery basral
image 
Akmal Nasery Basral lahir dari pasangan Basral Sutan Ma’ruf dan Asmanjar yang merupakan asli dari Minangkabau. Tepat tanggal 28 April tahun 1968, di Jakarta, Akmal Nasery Basral lahir. Telah menuntaskan studi menengah atas di SMAN 8 Jakarta. Kemudian melanjutkan pendidikan di jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Indonesia.

Akmal berprofesi sebagai sastrawan dan wartawan. Sebelum menjejakkan kaki ke dunia sastra Akmal adalah seorang wartawan, yang bekerja berbagai media cetak. Salah satunya majalah mingguan Tempo, Gatra, Gamma, Travelounge, Koran Tempo, dan beberapa lainnya. Tahun 2002 ia mendirikan dan memimpin majalah musik MTV Traz.  Namun, pada tahun 2010, ia ingin fokus pada dunia Sastra hingga meninggalkan dunia jurnalistik. Pada tahun 2005 Akmal menunjukkan kemampuannya sebagai sastrawan dengan menerbitkan sebuah novel yang berjudul Imperia. Kemampuannya dalam dunia menulis semakin berkembang dan banyak dikenal masyarakat. Bukan hanya sebatas terbit sebuah buku, namun berhasil terjun ke dunia perfileman dengan di sutradarai Hanung Bramantio. Novel tersebut adalah Sang pencerah yang bercerita tentang perjuangan selama hidup KH. Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri organisasi massa Islam Muhammdiyah. Tidak hanya sebatas itu, kumpulan cerpen Ada Seseorang di Kepalaku yang Bukan Aku (2006) terdiri 13 cerpen, berhasil menyandang dalam long-list Khatulistiwa Literary Award 2007.

Tahun 2012, Akmal menuntaskan satu novel lagi, Anak Sejuta Bintang. Bertajuk masa kecil Aburizal Bakrie. Cerita lainnya, cerpen Legenda Bandar Angin yang mendapat predikat cerita terbaik versi harian Pikiran Rakyat.

Kehidupan rumah tangganya, telah menikah dengan Sylvia, dan memiliki tiga orang putri Jihan, Aurora, dan Ayla.

Karya

·         Imperia (2005)
·         Ada Seseorang di Kepalaku yang Bukan Aku (2006)
·         Legenda Bandar Angin (2006)
·         Nagabonar Jadi 2 (2007)
·         Parlemen Undercover: Kisah-kisah Sontoloyo Wakil Rakyat Negeri Indosiasat (2008)
·         Sang Pencerah (2010)
·         Presiden Prawiranegara (2011)
·         Batas (2011)
·         Anak Sejuta Bintang (2012)
·         Tadarus Cinta Buya Pujangga (2013)

Terima kasih sudah membaca. Semoga menginspirasi. Baca juga biografi Eka Kurniawan
BIOGRAFI AHMAD NASERY BASRAL BIOGRAFI AHMAD NASERY BASRAL Reviewed by Ai No Hikari on 7:54 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.